Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5+ Cara Mengatasi Error E03 Canon MP287, Nggak Bikin Pusing!

Error E03 Canon MP287
Error E03 Canon MP287

ijcanondrivers.com, Tutorial -- Bro-sis, siapa yang gak pernah ketemu masalah sama printer? Pasti bikin pusing tuh, apalagi kalo printer favorit kita, Canon MP287, tiba-tiba nunjukin kode error E03. Ciee, sekarang udah jadi detektif kode error ya!

Nih, jangan panik dulu. Error E03 itu sebenernya masalah yang sering muncul di printer Canon MP287. Biasanya sih, ini terkait sama paper jam alias kertas yang nyangkut di dalam printer. 

Tapi, tenang aja, ada beberapa trik simpel yang bisa kita coba buat ngatasi error E03 ini.

1. Matikan dan Nyalakan Ulang Printer

Pertama-tama, coba deh matiin dulu printer Canon MP287 kamu. Tunggu beberapa detik, kayak 30 detik aja gitu, trus nyalain lagi. 

Kadang-kadang, hal sederhana kayak gini bisa ngebantu ngilangin error E03.

Terlihat sepele banget kan!

Tapi patut untuk kamu coba. Biasanya, printer akan mereset sendiri error E03 ini ketikan kamu sudah mematikan perangkat printernya.

Dan,

ketika kamu nyalakan, printer kamu sudah normal kembali. Namun, jika cara ini belum berhasil maka kamu harus mencoba untuk melakukan cara selanjutnya.

Ikuti dan coba cara berikut ini ~

2. Periksa Kertas yang Nyangkut

Kalo cara pertama masih aja error, mungkin ada kertas yang nyangkut di dalam printer. Cek bagian belakang dan depan printer, buka tutupnya hati-hati, pastiin gak ada kertas yang nyangkut atau tersangkut di dalam sana. 

Kalo ada, tarik tuh kertas dengan lembut supaya gak merusak printer.

Kerap kali hal ini terjadi! Terkadang kita tidak memposisikan kertas dengan benar pada saat ingin ngeprint sesuatu. 

Dan ketika roll menarik kertas, kertas tersebut tidak dalam posisi yang pas dan akhirnya nyangkut. Pernah nggak kamu ngalami hal kayak gini?

Pasti pernahkan?

Untuk itu, silahkan periksa printer kamu. Bisa jadi kami nggak sadar ada kertas yang nyangkut didalamnya dan menyebabkan terjadinya error ini.

3. Bersihin Roller Printer

Kadang-kadang, error E03 ini juga bisa terjadi karena roller printer yang kotor. Nah, buat membersihkan roller-nya, bisa pake lap yang dibasahin sedikit sama air bersih. 

Bersihin bagian roller yang ada di dalam printer, tapi inget ya, jangan sampe airnya beleberan ke bagian dalam printer.

Lakukan dengan hati-hati ya ~

4. Perhatiin Cartridge

Jangan lupa juga buat cek cartridge-nya. Kadang-kadang, cartridge yang nggak terpasang dengan baik bisa bikin error E03 muncul. Coba deh lepas cartridge-nya, trus pasang lagi dengan hati-hati. 

Pastiin semuanya terpasang dengan benar.

Jika cartridge tidak terpasang dengan benar maka kamu bisa mencopotnya terlebih dahulu setelah itu memasang kembali dengan posisi yang benar.

jangan sampai salah!

Kondisi posisi cartridge yang salah ini membuat printer kamu error dan mengirimkan pesan error yang terlihat pada monitor kamu.

5. Reset Printer

Kalo semua cara di atas udah dicoba tapi masih aja bandel, mungkin saatnya buat reset printer. Caranya biasanya ada di manual book atau bisa juga dicari di internet. 

Tapi, hati-hati ya pas reset, soalnya bisa aja data setting-an kita ke-reset juga.

Nah, itu tadi beberapa cara simpel yang bisa dicoba buat mengatasi error E03 di printer Canon MP287 kesayangan kita. Ingat, sebelum melakukan apa pun, pastiin kita udah baca manual book-nya atau nyari info yang lebih detail lagi di internet supaya gak salah langkah.

Kalo udah nyoba semua cara di atas tapi printer masih aja bandel, mendingan langsung aja deh kontak customer service-nya Canon buat minta bantuan lebih lanjut. 

Jangan dipaksain ngutak-atik printer terlalu berlebihan, ntar malah makin rusak.

So, semoga printer kesayangan kita cepet bener lagi ya. Selamat mencoba, dan semoga berhasil ngatasi error E03! Peace out!

Posting Komentar untuk "5+ Cara Mengatasi Error E03 Canon MP287, Nggak Bikin Pusing! "