Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

13+ Cara Mengatasi Error P10 Pada Printer Canon MP287

Error P10 pada printer Canon MP287
Error P10 pada printer Canon MP287

ijcanondrivers.com, Tutorial -- Ada beberapa permasalahan ketika kita sedang menggunakan perangkat printer, hal ini membuat pekerjaan kita jadi terhambat. Misalnya, terjadi Error P10 pada printer Canon MP287 dan kita sendiri bingung harus melakukan apa agar printer tersebut dapat kita gunakan dengan normal.

Perangkat Printer Canon MP287 ini memang memiliki banyak pengguna. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa printer Canon MP287 ini merupakan salah satu perangkat printer multifungsi yang bisa digunakan untuk mencetak, menyalin, dan memindai dokumen.

Printer ini dilengkapi dengan 4 kartu tinta dan mampu mencetak hingga 8,4 halaman per menit untuk dokumen hitam putih dan 4,8 halaman per menit untuk dokumen berwarna.

Selain itu, perangkat cetak yang satu ini juga memiliki resolusi cetak hingga 4800 x 1200 dpi, sehingga hasil cetaknya lebih tajam dan jelas. Kalau kamu butuh driver untuk printer ini, kamu bisa download di situs resmi Canon atau di situs-situs lain yang menyediakan driver untuk printer ini.

So,

Untuk lebih jelasnya lagi, kamu bisa simak beberapa penjelasan yang sudah admin tulis dalam artikel ini. Simak yuuuuk...

Mengenal Error P10 pada printer Canon MP287

Sebelum kita membahas lebih dalam lagi seputar Error P10 pada printer Canon MP287 ini, maka sebaiknya kamu kenalan dulu sama error jenis ini.

Apa sih yang menjebabkan terjadinya error P10 ini? Jadi, Error P10 pada printer Canon MP287 biasanya terjadi karena masalah pada sensor. 

Itulah mengapa ada banyak orang yang menyarankan kita untuk membersihkan cartridge, memeriksa kabel data, membersihkan sensor, dan mereset printer. 

Jika kamu masih mengalami masalah setelah mencoba solusi-solusi tersebut, mungkin ada baiknya kamu membawa printermu ke tempat servis terdekat.

Untuk lebih lengkap lagi, kamu bisa simak ulasan berikut ini.

Cara Mengatasi Error P10 pada printer Canon MP287

Nah, kali ini akan ada beberapa langkah dan solusi untuk bisa mengembalikan prangkat printer kamu yang error menjadi normal kembali.

Pahami bebeberapa hal penting untuk kamu lakukan.

Perlu admin ingatkan kembali bahwa Error P10 pada printer Canon MP287 terjadi ketika printer tidak dapat mengenali cartridge yang terpasang. 

Ada beberapa cara mudah untuk mengatasi masalah ini.

  1. Pertama, buka penutup printer atau scanner printer Canon MP287.
  2. Lepaskan cartridge black dan color semuanya.
  3. Bersihkanlah pin pada cartridge black dan color menggunakan tisu kering.
  4. Pastikan sampai bersih, apabila perlu menggunakan cairan alkohol sangat disarankan.
  5. Setelah semua cartridge bersih maka pasanglah kembali pada rumah cartridge.
  6. Bukalah casing sebelah kanan printer, diawali dengan membuka penutup tombol-tombol dengan mencongkel.
  7. Gunakanlah obeng minus untuk mencongkel.
  8. Lalu lepaskan baut di bagian dalam (dibawah tombol-tombol yang sudah dibuka penutupnya tadi). Setelah baut terlepas, bukalah casing bodi printer sebelah kanan.
  9. Gunakan obeng minus dan lakukan secara hati-hati. Apabila printer sudah di beri infus, maka lepaskan dulu infus dari rumah cartridge dan letakkan di tempat yang aman. Setelah casing bodi terbuka, maka lepaskan kabel-kabel yang terpasang di mainboard printer Canon MP287.
  10. Cari komponen resistor dengan kode R301 dan R302, karena P10 ini berhubungan dengan resistor ini. Setelah resistor kode R301 dan R302 ketemu, gantilah dengan resistor yang baru.
  11. Setelah semua resistor tadi diganti dengan yang baru, pasang kembali mainboard ke printer.
  12. Pasang kembali kabel-kabelnya dengan pas, jangan sampai terbalik atau lapisan alumunium terkelupas. Apabila kabel sudah terpasang, maka pasang juga baut pada penutup tombol tadi. Pasang kembali casing bodi printer.
  13. Colokkan kabel power dan USB, lalu hidupkanlah. Apabila sudah muncul angka 1, artinya error P10 sudah teratasi dan printer kembali normal.

Nah, itu beberapa poin yang bisa kamu lakukan jika ingin kembali menggunakan perangkat printer Canon MP 287 yang mengalami Error P10.

Jika cara ini belum bisa maka admin sarankan untuk berkonsultasi dengan ahli service printer, mungkin saja ada hal lain yang terjadi pada printer kamu.

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan seputar Cara Mengatasi Error P10 pada printer Canon MP287 yang perlu untuk kamu ketahui.

Jika ada hal yang belum kamu pahami,

Jangan ragu untuk memberikan pertanyaan melalui kolom komentar yang ada pada posisi paling bawah dalam artikel ini.

Selamat mencoba ya!

Posting Komentar untuk "13+ Cara Mengatasi Error P10 Pada Printer Canon MP287"